Dengan semakin banyaknya toko
online di internet akan semakin meningkat pula transaksi online yang dilakukan,
sehingga banyak penjual online berbondong-bondong menggunakan jasa pengiriman cargo untuk mengirimkan barang mereka ke pembeli. Memang para penjual
online shop sudah tidak asing lagi dengan yang namanya jasa cargo untuk mengirimkan barang yang mereka jual. Pengiriman barang pun
tidak hanya terbatas ke daerah-daerah di Indonesia saja, bahkan sudah banyak
yang melakukan transaksi online dan pengiriman barang hingga antar negara di
dunia.

Namun ada beberapa tips yang
mungkin berguna bagi Anda yang sering melakukan atau baru mau melakukan
pengiriman barang melalui cargo. Pertama adalah Anda harus terlebih dahulu
memastikan bahwa kemasan atau packing yang Anda buat aman untuk melakukan
proses pengiriman barang. Janganlah membuat packingan yang dapat membuat
barang yang Anda akan kirimkan rusak. Sebaiknya Anda bisa menggunakan packingan
dari kayu yang memang jauh lebih aman dibandingkan menggunakan packingan
plastik atau styrofoam. Jika Anda seorang penjual, sebaiknya tawarkanlah kepada
pembeli Anda apakah ingin menggunakan packing kayu atau tidak, karena dengan
packing kayu akan lebih aman dan kuat jika barang Anda tertindih dengan
barang-barang yang lain pada saat proses pengiriman melalui cargo.
Memberikan Label “Fragile, Handle With Care”
Kedua pada saat menggunakan pengiriman cargo, sebaiknya berikanlah label “Fragile, Handle With Care”. Walaupun
memang dengan cara ini tidak sepenuhnya dalam menjamin sebuah perlindungan dari
barang yang Anda kirimkan, namun setidaknya dengan adanya label ini pada barang
Anda akan cukup membantu untuk lebih mengingatkan kepada kurir jasa pengiriman barang untuk dapat lebih berhati-hati membawa barang Anda karena mudah
rusak.
Ketiga adalah dengan
mengecek apakah jasa pengiriman barang Anda menggunakan asuransi dalam proses
pengiriman barangnya. Karena dengan adanya asuransi akan dapat menanggung ganti
rugi jika sewaktu-waktu barang yang Anda kirimkan melalui cargo rusak atau hilang. Terlebih lagi jika barang yang Anda kirimkan
adalah barang mahal atau barang berharga, maka penggunaan asuransi seperti
inilah yang penting untuk digunakan. Terakhir adalah dengan menyimpan
bukti atau resi dari pengiriman yang sudah Anda lakukan, karena berguna untuk
komplain jika swaktu-waktu terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.